21 Jun 2011

Kota "SERIBU" Angkringan


Taukah kamu apa itu angkringan??? Mungkin orang Yogya atau yang pernah ke Yogya tau apa itu angkringan. Karena angkringan banyak tersebar di Yogya.  Yah angkringan sebuah gerobak dorong yang menjual berbagai macam makanan dan minuman ( walaupun gerobak dorong tapi bukan berarti mereka jualan sambil keliling tapi tinggal di satu tempat).  Angkringan (berasal dari bahasa Jawa ' Angkring ' yang berarti duduk santai, red). Angkringan ini biasanya tersebar di ruas-ruas jalan, di gang-gang. Makanan dan minuman pun bermacam-macam.  Adapun makanan yang dijual saperti  nasi kucing (bukan nasinya kucing ya hehehe tapi lebih kepada porsinya yang cocok dimakan kucing alias sedikit J ), gorengan (tahu, tempe, pisang goreng, dll) sate usus (ayam), sate telor puyuh, kripik, krupuk, dll. Minumannya juga beraneka ragam, ada teh, jeruk, kopi tape, wedang jahe dan susu. Harganya sangat terjangkau (nah bagi anak kos kere seperti aku ini, angkringan bisa jadi salah satu pilihan tempat makan akhir bulan hehehe...selain burjo ya J). Uniknya mereka masak air atau yang pengen diangetin gorengannya pake arang, jadi jangan harap bisa nemuin kompor gas atau minyak tanah disini. Masaknya masih tradisional sekali.  
Macam-macam sate ^_^
Angkringan biasanya buka pada sore hari sampai malem. Pengunjungnya juga bervariasi, ada tukang becak, tukang bangunan, pegawai kantor, mahasiswa, seniman, atau bisa jadi ada pejabat. Menurutku angkringan ini unik. Karena pengunjungnya sangat bervariasi. Suasananya yang asik membuat kita betah berlama-lama duduk sambil ngobrol ngalur ngidul. Bahkan bisa sampai berdebat kusir hahaaa atau mungkin sebuah teori bisa terlahir disini (nah ini teori bodohku seh hihihi). Sepertinya angkringan sudah menjadi salah satu identitas Yogya selain malioboro. Nah bagi yang berkunjung ke yogya gak ada salahnya nyoba makan atau minum di angkringan sambil menikmati suasana Yogya. Orangnya yang ramah membuat hati senang J. Oh ya jangan lupa sediain uang receh karena biasanya banyak pengamen.
Ini adalah salah satu angkringan di Yogya. Aku menyebutnya angkringan KR karena letaknya di depan kantor koran Kedaulatan Rakyat. Angkringan ini selalu ramai pengunjung. Letaknya sangat strategis. Dekat dengan Tugu Yogya. Makanannya juga bermacam-macam tapi masih dalam standar angkringan. Potonya bisa diliat dibawah ini:
Ngantri Bayar








Nah, wanna try???!!! datang ja ke sini, makanan murah meriah, perut kenyang, hatipun senang hahaha....(maap bukan maksud promosi lo dan gak dibayar juga ^_^ )

Sekian dulu ceritanya, sampai ketemu dicerita selanjutnya (Smoga gak kumat malasnya hehehe)........

1 komentar:

aJie mengatakan...

maknyusssss

Posting Komentar

 
© Copyright 2035 CAPING
Theme by Yusuf Fikri